Pengertian GameCanvas
GameCanvas adalah sebuah class yang terdapat pada package javax.microedition.lcdui.game.* yang merupakan turunan dari Canvas. GameCanvas memiliki
fitur2 tambahan yang lebih fokus ke game. seperti : bisa menangkap
keystates (tombol yang dipencet), dan off-screen buffering.
GC adalah sebuah kanvas yang
akan kita gambar, baik string, images, sprite, atau
shape dasar (kotak, lingkaran, dll).
karena GC digambar perframe
(tergantung FPS), setiap proses penggambaran, dilakukan di kanvas yang
sama. Karena itu, misalnya kita menggambar kotak di posisi
10,10 dan bergerak ke posisi 100,100 dengan pertambahan x dan y tiap
framenya.
ClassGameCanvas menyediakan fungsi-fungsi penting dalam menangani
interface game. Merupakan turunan dari Class Canvas (commands, input
events, etc.), dengan penambahan fitur antara lain kemampuan game yang
spesifik seperti: off-screen graphic buffer dan kemampuan untuk
mengetahui status key-key input dari key-key pada HP. Kelas GameCanvas
pada MIDP 2.0 telah mengusung fitur-fitur penting yang mengatasi
masalah yang ada pada MIDP 1.0.
Perbedaan antara Canvas dan GameCanvas :
Untuk menggunakan Canvas, buat subclass-nya, definisikan method paint().
Di dalam method paint(), gunakan Graphics untuk merender gambar pda screen
Ketika ingin mengubah sesuatu dan mengupdate-nya pada screen, maka harus memanggil method repaint(), kemudian system memanggil paint() sekali lagi untuk penggambaran.
Pengertian Thread
Thread memungkinkan sebuah aplikasi java untuk melakukan banyak aktivitas/operasi secara simultan (serentak)
Thread adalah unit fundamental dari eksekusi program. Setiap aplikasi minimal memiliki sebuah thread untuk menjalankan kode.
Aplikasi yang memiliki dua thread atau lebih, biasa disebut dengan multithread application
Istilah dalam thread :
Running, saat thread sedang menjalankan kode (live thread).
Ready, saat thread siap untuk mengeksekusi kode (live thread).
Suspended, saat thread sedang menunggu external event (live thread).
Terminated, saat thread selesai mengeksekusi kode (dead thread)/
Menggunakan Class Counter
Thread - Lab Activity
Sprite adalah istilah yang sering muncul untuk mengolahan grafis animasi pada sebuah game. Sebagian besar objek pada sebuah game dikategorikan sebagai grafis khusus yang disebut sprites. Sprite dapat berupa karakter utama.Pengertian Sprite
Frame dapat dibuat secara terurut ataupun tidak terurut, namun pada umumnya sprite ditampilkan secara terurut untuk memudahkan pengkodean.
Sprite-Lab Activity
Komentar
Posting Komentar